Pengertian Jaringan Komputer


Sedikit saya akan membahas Pengertian Jaringan Komputer, buat kalian pelajar SMP, SMA/SMK semoga artikel suburMAN bisa membantu. Simak penjelasannya :D

Apa itu jaringan Komputer?
Jaringan Komputer adalah dua buah perangkat atau lebih yang saling terhubung dengan media tertentu baik kabel maupun non-kabel, saling berbagi sumber daya, informasi untuk mencapai tujuan tertentu.


Tujuan dari jaringan komputer adalah:
Berbagi sumber daya. Contoh: 1 Printer untuk semua PC yang saling terhubung
Komunikasi. Contoh: surat elektronik, instant messaging, chatting
Akses informasi. Contoh: mencari informasi dengan search engine
Keamanan data. Contoh: Data yang dibukukan (penting) jika hilang tidak perlu khawatir lagi karena data tersebut sudah tersimpan sebelumnya di komputer server.
Sharing Data: saling berbagi antar komputer. Peminta disebut clien dan Pemberi disebut server.

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Sekala:
Personal Area Network (PAN)
Campus Area Network (CAN)
Local Area Network (LAN) Komputer yang saling terhubung pada area tertentu, dengan jarak yang kecil, contohnya jaringan Sekolah dan Perkantoran.
Metropolitant Area Network (MAN) Sama halnya dengan LAN, hanya saja jaringan ini lebih luas, berkisar 10 – 100 KM.
Wide Area Network (WAN) Jaringan sangat luas, mecangkup antar kota, provinsi, Negara dan antar Benua. Jaringan ini yang disebut jaringan internet.
Global Area Network (GAN)

Berdasarkan fungsi : 
Setiap  Jaringan komputer memiliki client dan server. Ada jaringan komputer yang dibangun berdasarkan server dan yang lainnya sebagai client. Dan ada juga jaringan komputer yang dibangun berdasarkan server tetapi memiliki fungsi yang khusu, artinya tidak sebagai server saja dan sebagiannya sebagai client. Maka itu ada dua jenis jaringan komputer 
1. Client-server
Yaitu sebuah komputer yang hanya dijadikan sebagai server saja. Contohnya domain dan host dari sebuah web, yang memiliki banyak layanan maka servernya hanya khusus sebagai layanan penyimpan data dari sebua web tersebut. Atau komputer yang memiliki layanan yang hanya menggunakan satu komputer server saja, dalam arti multi service. Contoh Web SIM Sekolah dan kantor yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
2. Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya file sharing dalam sebuah jaringan, semua client atau server bias memberikan hak akses, server dapat mengambil file dari client dan client dapat mengambil file dari server. Komputer servernya adalah komputer yang membagikan file dan komputer cliennya adalah komputer yang mengambil/meminta file.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
Topologi bus
Topologi bintang
Topologi cincin
Topologi mesh
Topologi pohon
Topologi linier

Itulah artikel tentang Pengertian Jaringan Komputer, jika ada tambahan silakan komentarnya.

Penulis: Abdi Subur Siringo-ringo

Followers